Posted by: Rivai | October 30, 2008

Menambah Jarak Pancaran Rakom

Bagi kita-kita yang udah biasa, urusan nambah jarak pancaran radio komunikasi sih bukan hal sulit. Tapi bagi temen-temen yang tidak bergerak di bidang radio komunikasi, tentu pusing mikir caranya. Taunya pake radio orari aja. Jadi kalo anda sudah expert, posting ini tidak cocok untuk anda.

Ada dua cara untuk menambah jauh pancaran radio komunikasi anda.
1. dengan memperbesar power pancaran. Power yang lebih besar akan membuat jarak pancaran radio komunikasi menjadi lebih jauh. Bagi daerah yang sudah bisa dijangkau, memperbesar daya pancaran juga akan meningkatkan kualitas penerimaan di sisi receiver. Kelemahannya, kemampuan penerimaan radio kita ternyata tidak berubah. Juga lebih banyak membutuhkan daya. Kalo anda pake battery, umurnya akan lebih pendek.
2. cara lain menambah jarak pancaran adalah dengan melakukan perbaikan kinerja antenna. Yaitu:
- menambah tinggi antenna
- mengganti antenna dengan yang memiliki penguatan lebih tinggi
- mengganti antenna dengan tipe sectorized.

Cara penambahan jarak pancaran nomor 2 ini adalah yang paling lazim dilakukan. Anda bisa melakukan satu item saja atau kombinasi ketiganya. Atau bahkan digabung dengan cara nomor 1 demi tercapainya setting optimal stasiun radio anda. Bayangkan saja, sebuah stasiun radio amatir, daya pancarnya besar, antenna nya tinggi, penguatan tinggi dan sectorized. Bukan saja daya pancar stasiun radio amatir anda menjadi jauh, tetapi juga tongkrongannya akan kelihatan lebih keren.

Tetapi jangan lupa, kalo anda sudah membangun sedemikian rupa stasiun radio anda menjadi superior, anda wajib memiliki ijin. Janganlah menjadi radio tanpa ijin. Karena pancaran anda akan terdengar sampai jauh. Kalo mereka tahu bahwa anda stasiun radio tanpa ijin, apa kata dunia?

About these ads

Responses

  1. Mungkin yang terbaik adalah mantain di front-end, alias antenna-nya.
    Dan tidak disarankan mencoba radio balap; iwak-iwak, penthung-penthung, dung-dung pret…………
    He he…..

  2. law enforcement lemah sekali. mungkin karena ndak ada biaya operasional sweeping, membahayakan nyawa PPNS (nek dibacok) dan kalo ketangkep ngga ada “kompensasinya”. jadinya ya gitu deh.

  3. om rivai…mohon infonya apa ada tes/ ujian negara amatir radio calon amatir radio jatim dalam waktu dekat yang di surabaya??….

    • Om Iwan, denger-denger mau ada ujian tanggal 23 September di Probolinggo. segera hubungi pengurus lokal anda, om. mumpung masih ada waktu.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: