Posted by: Rivai | February 19, 2012

Setting SMTP Server Untuk Internet SmartFren

Tadinya saya pikir smartfren hanya membolehkan email dari domain yang kita beli sendiri. Sempet tanya-tanya ke customer service nya smartfren memang dikasih artikel setting smtp yang hanya bisa di domain beli. Sebangsa gmail maupun yahoo ngga bisa. Ternyata bisa juga akhirnya pake gmail (lagi) dengan smartfren.

Setting paling gampang kalo anda pake microsoft outlook. Saya cobain setting di microsoft outlook 2007 prosesnya otomatis banget. Ngga pake error. Kita cuma suruh ngisi email kita apa. Nanti setting smtp nya bakal di auto detect oleh microsoft outlook.

Yang menarik, kalo anda pengguna outlook express, jangan berharap bisa. Karena kita membutuhkan security mode tipe STARTTLS yang belum tersedia di outlook express (lah itu kan aslinya memang IMAP jadul bro. Belum ada waktu itu). Ganti saja dengan Mozilla Thunderbird atau Microsoft Outlook. Kalo ada yang tahu selain kedua program di atas, boleh dong dibagi di sini.

Sedangkan bagi pengguna Mozilla Thunderbird, setting nya agak ribet karena harus manual. Isikan saja:

  • server name: smtp.gmail.com
  • port: 587
  • username: ya mestinya username anda dong, masak username saya sih
  • authentication: normal password
  • connection security: STARTTLS

Perhatikan juga pada incoming server, pastikan anda memilih profile koneksi ini. Karena entah kenapa kok thunderbird menggunakan default smtp.googlemail.com yang akan selalu error.

Maaf ya saya ngga kasih detail step-by-step karena pembaca blog saya adalah saya yakin orang-orang yang cerdas. Selamat mencoba.


Responses

  1. outlook express jadul juga bisa kok OM
    tambahan dari yg atas, SSL tetap di centang.
    connection security : gak perlu
    it works for me.

    • sayangnya not work for me. (keluh). kangen juga pake OE. capek pake TB ribet ngga sepraktis OE. OE saya versi 6.0.

      makasih sudah mampir.

  2. Klo dengan SMTP Smart sendiri gimana settingnya ya?
    Saya cari di web ga ada info.
    Googling dan dicoba, nggak berhasil semua.

    • pake smtp.smart.co.id . tapi hanya berlaku utk domain berbayar mas. kalo dipake di gmail jadi melempem.

      • saya nyoba smtpnya smart ( smtp.smart.co.id ) menggunakan imel domain pribadi (berbayar) koq lambat banget ya pak ? 3 jam lebih baru nyampe.. :(

      • yang ini saya ngga bisa njawab, mas. secara itu murni ada di dapurnya smartfren sono. niatnya memang baik yaitu menjaga jgn sampe jaringan smartfren dipake utk spamming. sehingga banyak kemungkinan cara prosesnya, mulai dari kemungkinan server overload, setting yang memang dibikin 3 jam baru deliver atau kemunngkinan lain.

  3. saya kemarin pake smtp.smart.co.id bisa setelah saya pakai prabayar bulanan unlimited 90rb kok send email error kenapa ya..bisa dibantu gan

    • harusnya tetep bisa gan. asal di domain berbayar. kalo gmail memang ngga bisa pake smtp itu. coba cek aja parameter setting nya. port 587 dan starttls.

  4. saya setting pake smtp.smart.co.id pake domain berbayar, sebelumnya bisa tapi sekarang ini error…kira2 ada yang tau penyebabnya?

    thanks

    • mungkin bawah ane ada yang tau, gan.


Leave a Reply

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

