Posted by: Rivai | July 29, 2008

Mitos Keliru Tentang Sakit Ginjal

Barusan terima email dari kawan (yang pemain saham) tentang berita Preskom HM Sampoerna yang menjalani transplantasi ginjal karena rusak total dan tidak berfungsi.

Yang paling menarik perhatian saya adalah adanya mitos-mitos keliru tentang ginjal. Saya tuliskan sebagai catatan saya, tapi mungkin berguna untuk anda:

1. Jangan minum kalo tidak haus. Minum sesedikit mungkin. Sebabnya, ginjal yang rusak tidak akan mampu membuang kelebihan air dari tubuh. Misal kita minum 2 liter air. Dalam keadaan ginjal rusak, maka tidak 2 liter yang bisa dibuang, tapi hanya sebagian. Sedangkan sisanya akan disimpan di dalam tubuh. makin banyak yang disimpan, makin gendut. Padahal cuma air kotor dan beracun yang mestinya dibuang.

2. Jangan makan buah-buahan. Dalam posisi harus diet makanan, biasanya diperbanyak makan buah. Tapi justru buah-buahan memperberat kerja ginjal. Jadi memang susah sekali diet untuk mereka yang ginjal rusak, apalagi dengan komplikasi diabetes mellitus. Juga harus diet protein.

Dan Angky Camaro juga cerita, untuk mendeteksi kegagalan ginjal, harus dilakukan pengetesan kadar creatinin dalam darah. Batas maksimum creatinin normal adalah 125. Jika kadar creatinin lebih dari angka itu, waspadai kondisi ginjal kita.

Bagi anda yang bermaksud melakukan transplantasi ginjal di Tiongkok, Angky juga menganjurkan agar berhati-hati karena ada begitu banyak broker di sekitar loket antrian RS. Usahakan untuk tidak menggunakan jasa broker-broker ini.


Responses

  1. Pak Rivai,
    Jika ingin hidup lebih sehat, memang sudah selayaknya kita mulai menerapkan http://www.gayahiduporganic.co.cc
    Dari yang paling dasar saja, misalnya beras yg menjadi makanan pokok kita, ternyata mengandung residu pestisida dan unsur2 kimiawi dari pupuk buatan.
    Coba bapak googling dg keyword: Go Organic 2010.
    Semoga bermanfaat

  2. Iya, sudah makin tua makin kerasa pentingnya melakukan “fine tuning” terhadap kesadaran kesehatan. Alhamdulillah sih belakangan ini beras udah pake yang organic. cuma carinya susah, kudu ke carefour dulu di surabaya.

    makasih sudah mampir ke sini, Mama Selma. rupanya blog saya sudah muncul di SERP.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: