Posted by: Rivai | September 2, 2008

No Reciprocal Agreement Indonesia – Italy

Saya liat ada posting di buku tamunya orari.or.id pertanyaan dari YDØNWM bahwa ada rekan kerja beliau orang Italy, callsign IS0IVG (mungkin Sardinia ya). Saat ini Alberto kerja di proyek PLN di Rembang dan pengin mengudara. Alberto membutuhkan ijin memancar dari Rembang. Saya pengin jawab langsung di sana, tapi nggak mau. Karena itu kan web site resmi organisasi, jadi kita ngga boleh celelekan di sana. Kalo di sini kan boleh aja.

Kalo berdasarkan peraturan yang ada, IS0IVG tidak akan diijinkan mengudara dari seluruh wilayah Indonesia. Karena sampai hari ini ternyata tidak ada reciprocal agreement (azas timbal balik) antara Indonesia dan Italy. Artinya amatir radio Indonesia pun tidak akan diijinkan mengudara selama di Italy. Jadi dengan alasan apapun (termasuk demi menghormati tamu asing), tidak ada kemungkinan bagi warga negara Italy untuk mengudara. Jadi selama Amatir Radio Indonesia juga tidak mendapat perlakuan yang sama di Italy, saya sarankan untuk tetap mematuhi peraturan yang berlaku di Indonesia.

Tapi masalahnya pernah ada beberapa kasus warga negara asing yang mengudara dengan cara tidak benar. Pernah ada orang Italy mengudara dari call area 2. Bahkan memimpin dxpedisi IOTA. Juga pernah orang Inggris memancar dari Sumatra dengan susunan tanda panggilan YBx/callsign_dia. Juga pernah warga Perancis melakukan hal yang sama yang keliling Jawa sampai NTT. Lalu ada warga negara Belanda memancar dari YB9 dengan sususan call sign yang tidak dikenal di KM49 yaitu YB9/callsign_dia. Sepengetahuan saya, ngga ada yang negur alias dibiarkan saja pelanggaran itu terjadi.

Jadi, pertanyaannya, apa sih yang ngga bisa dikotak-katik di Indonesia? Mobil tua aja tetep bisa jalan kenceng, apalagi cuma ijin mengudara. He he he.


Responses

  1. Wah belum ada reciprocal agreement ya dengan Italy, wah, padahal ada rencana mau FAT [Factory Acceptance Test] tuh ke Italy, doa’in gue ya bro! [depends on my boss] siapa tahu dapat assignment………..he he….
    Ciao…..

  2. sayangnya begitu. yang aneh, saya baru posting 3,5 jam, anda langsung kasih komentar. jangan-jangan anda memata-matai blog saya? pasti ada yang menarik nih di blog saya. tapi apa?

  3. he he … usually I just use my off time for googling, I googling everything, but my favorite is googling with callsign on the keyword! Indeed, actually I did also on dx-search on dxcluster🙂
    Ha ha…..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: