Posted by: Rivai | September 14, 2008

YD2ELX – Ahli Reparasi Radio

Salah satu sebab kenapa radio-radio HF model tahun sekitar tahun 1980 begitu mahal harganya adalah karena jika rusak, masih bisa diperbaiki. Beberapa orang begitu benci radio amatir tipe-tipe baru dengan komponen SMD (surface mount device) karena beranggapan susah cari komponen penggantinya. Kalo rusak ya buang. Padahal kalo saya udah males banget itu urusan dengan radio-radio jaman itu. Selalu rusak dalam beberapa bulan pemakaian. Jadi sekarang ini kalo ada rejeki, kepengin beli radio ya yang brand new aja. Udah kapok ada 10x beli radio tahun itu, selalu bermasalah. Barangkali radio-radio itu dulu dijual karena bermasalah. Kalo pas waras, dipake sendiri.

Sekarang pertanyaannya, andaikan anda punya radio-radio model tahun itu, lalu rusak, siapa yang bisa perbaiki? Nah ini dia. Saya mau promosi. Saya punya sahabat yang ahli memperbaiki dan reparasi radio HF anda yang rusak. Namanya Arif, callsign YD2ELX. Rumah di Purwokerto sana, sekitar 500 km dari rumah saya. Kami pernah sebelahan meja waktu sama-sama kerja di Semarang dulu. Sahabat saya ini orangnya antik, otaknya dipenuhi dengan diagram blok berbagai macam radio HF. Saat berhadapan dengan radio HF yang rusak, ada semacam tangan kecil yang membuka-buka gambar-gambar diagram blok di dalam otak dia sehingga lebih banyak radio yang bisa diselesaikan, daripada yang tidak selesai. Tidak selesai biasanya terkendala ketersediaan komponen pengganti. Arif ini seniman reparasi radio, bukan sekedar tukang reparasi.

Yang paling berkesan bagi saya adalah cerita saat memperbaiki radio Yaesu FT80C milik YB2FMR, P. Tami. Radio itu mengalami masalah di display board. Oleh YB2FMR sudah dimasukkan ke berbagai rekan yang diyakini bisa memperbaiki. Ternyata tidak membawa hasil. Atas rekomendasi YB2BY, radio itu dibawa ke Arif, disertai display board utk penggantian. Dipijit-pijit oleh Arif selama 2 hari, ternyata sembuh. Yaitu satu buah resistor pulldown di display board ternyata tidak berfungsi. Begitu Arif memasang penggantinya, langsung si radio kembali berfungsi. Arif sendiri kaget, ternyata cuma itu masalahnya. Sayang persoalan baru muncul, yaitu berapa ongkos yang hendak ditagihkan. Karena satu resistor hanya berharga limapuluh perak saja. Susah kan nagihnya?

Bukan cuma radio saja yang Arif bisa tangani. Tapi perangkat-perangkat lain, misal RF Amplifier, (mosfet dan tabung), Power Supply, pemancar broadcast, apalagi ya. Mungkin termasuk setrika, kipas angin. He he he.

Arif bisa dihubungi di 08886694245. Ada email juga, tapi saya lupa. Lagian dia kayaknya bukan tipe orang yang selalu butuh untuk online deh, mana sering cek email dia (sorry ya bro. Wong tek kirimi  motorola programming software be ora gutul-gutul jere). Jadi kalo radio HF anda rusak, siapa tau Arif bisa bantu anda untuk memperbaikinya.

Rivai – YB3TD

PS: Numpang keren pagerank tinggi di topik baju hamil untuk istri saya tercinta.


Responses

  1. kayaknya 720A, the old sewing machine, perlu dikirim kesana kali ya.
    Eh, siapa tahu bisa sembuh dan jadi SO2R melengkapi TS450S-nya!
    Any suggestion?

  2. seingat saya sih di sana ada yang bisa dipake utk kanibalan dengan radio anda, Pakde. kalo ngga salah, merk nya Singer. rasanya v-belt dalamnya masih bisa dipake tuh….

  3. v-belt-nya untuk apa ya? Muter knob VFO?

  4. kira-kira berapa harga display board?

  5. wah ngga ngerti tepatnya. silahkan langsung aja kontak ke YD2ELX atau ke YB2FMR yang pernah beli. kalo harga sih mungkin bisa dicari, yang susah kan cari barangnya.

    makasih sudah mampir.

  6. […] begini, setelah sukses mempromosikan usaha kawan saya itu, YD2ELX di blog saya yang lain tentang jasa memperbaiki radio komunikasi yang rusak, Arif juga punya toko souvenir perkawinan. […]

  7. senang bisa buka comunitas ini. salam kenal I punya nama andis prastywan sekalian saya tertarik artikel perbaikan radio dari mas Arif YD2ELX. tnx 73…

  8. YC2PZY makasih sudah mampir. nanti kalo radio andanya rusak, rewel dan batuk-batuk silah kontak ke YD2ELX.

  9. jess…….jess…..jess…….numpang lewat

  10. Lagi mandan gelem tilik email. Tenang brur, antena masih terpasang dan match di 3.830 em ha zet…begitu konfrom?? ikut seneng pendamping sdh isi, denger2 sdh bulan ke 5 nih? Bravo..lanang tuenan! Wis ndisit, klilan…kepareng…

    • para pembaca, inilah komentar dari YD2ELX. setelah saya bikin post berbulan-bulan lalu, baru hari ini dikomentari sama ybs. jan maregi.
      doain ya biar ibu-anak bisa sukses dan selamat. makasih wis teyeng mampir ngeneh.

  11. Alhamdulillah,semua karena Allah semata.Setelah membuka-buka beberapa buku,catatan2 jamane P.Basor n P.Teguh,catatan2 uji coba dan beberapa kali ganti skema dst dst,akhirnya selesailah proyek mini KENDALI PLL dengan step 2.5 KHz dilengkapi display 5 digit sevensegment,Rotary Dial ex IC25A (kalau ada/punya jangan dibuang) dan limiter (dibatasi dong 3.700.0 s/d 3.997.5 dan 7.000.0 s/d 7.997.5 biar gak kesasaran).Dipasang di transceiver tenar Yaesu FT180A.Yang punya puas dan Inyong marem tur ayem.Salah satu tanggungan dan tantangan telah selesai.
    Rada aneh memang,ditawari step 1KHz spt yang sudah-sudah,yang kesannya lebih teliti,eh…gak mau.Tetap minta 2.5 an.
    Sengaja tidak menawari step per 0.5KHz atau 0.1KHz,karena jelas lebih makan biaya meski lebih keren tur angel.
    Kata si empunya lagi sering dicoba mancar di kawasan PLTA Banjarnegara.
    Nah,buat sohib YB3Tango Dendeng terimakasih telah bersedia mendengarkan uneg2 soal 2.5 an tsb.Thingak thinguk kaya enthung,lah arep crita karo sapa maning???

    • lo ya aja kur desengi kandah tok. dicipreti skema apa priwe koh. arep tek sog blog sijine men maen. kecuali er ha es, la ya musah. lumayan nggo mendatangken traffic. nek skema ora nana ya berarti uang keluh kesah didum apa primen.

  12. saya sih lg nyari tk reparasi kipas di jkt…hiks ga ngerti nyari kmn…coba temen yg itu ada dijkt…

    • kipas angin nanggung, mas. harga baru ama ongkos servis cuma beda-beda dikit. cobain dikasih oli di bearing nya. kalo sampe kebakar gulungannya, mending beli baru. harga kawat tembaganya aja udah mahal sekarang.

      makasih udah mampir.

  13. Sejak 1 bulanan yll di Baturaden yang suejuk itu, ke barat lagi kinten2 nggih 3km,bareng temen2 Orari Banyumas-dipandegani lurahe YB2BZ-telah terpasang repeater VHF di frekuensi 146.820. Sederhana,masih tanpa Duplexer-menggunakan 2 antena dan SEBUAH radio lama TM201 sebagai receiver di 146.820 sekaligus akan transmitt di 146.220 apabila ada signal masuk.
    Perlengkapan lain: Power supply,Aki + Charger, Stavol. Semua masih belum final, masih suka dan sering di-utik2.
    Nah, makanya; cobain dong repeater kita.

    • nggih mangke Lik, nek kula wangsul ngriku. lucu banget teng gresik caket umah. bakul martabak, jebul wong bumiayu. jejere, anu bakul siomay, jebul malah wong maos. owwweess trah.

  14. aku punya ht kenwood tk 1118 (uhf)itu potensio untuk on/off jd satu ma volume…tp setelah sekian lama dipk akhirnya koplak juga..jd kl di puter2 tuk naik turun volume bunyi grak grek….kira2 ada pengganti gak ya?trus alamat rumahnya dimn?kl luar kota mo servis gimana dong?

    • jajalen sik mbok bukak dewe mas. mbok semprot ambek WD40 mbok menowo ijek kenek.

  15. Pak Rivai…saya ada radio Yaesu Ft 840…power ga besar ditrim malah protect…kira kira kalo dibawa ke Purwokerto bisa dibetulin ga ya…

    • dia itu ndandani apa aja bisa, mas. cuma masalahnya kendala antrian aja. mending ditelpun dulu antri panjang apa engga. atau kalo anda bisa bongkar sendiri, coba minta saran aja sekitar apa bagian apa yang kudu dicek. kalo tebakan saya sih kayaknya sekitar relay LPF atau malah relay antenna yang udah ngga berfungsi. orangnya sih enakan, semedulur. tapi kalo belum makan biasanya jadi galak. hehehe

  16. Pak Rivai,saya ada radio Yaesu FT-600…krn kena PS over voltage 28V krn Transistor 3055 ada yg rusak jadi radionya dimodulasi tdk mau tx,bisa minta saran pada Pak Rivai,kira2 apanya yg harus dicek ya,radionya masih berfungsi hanya utk rx saja,sebelumnya terimakasih,73.

    • coba cek dulu transistor final dan driver nya mas. karena kalo tegangan tembus begitu biasanya bagian final berpotensi rusak karena aliran catu daya langsung masuk ke bagian itu. kalo bisa receive mungkin regulator nya ngga papa.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: