Posted by: Rivai | September 19, 2008

Menyebut Call Area Di ORARI Nusantara Net

Didasari dengan kesadaran bahwa kemampuan bahasa Inggris saya yang senin-kemis, tapi didorong rasa penasaran, mana yang lebih benar. Jadinya saya tulis saja di sini, siapa tau ada yang bisa bantu saya njawabnya.

Kalo kita dengarkan net control di setiap orari nusantara net 80m dan 40m, kebanyakan sama saja saat memanggil call area tertentu dengan cara begini: “memanggil rekan-rekan dari seven call area untuk check in”. Nah kalimat ini yang hendak saya cari tau mana yang lebih benar.

Kalo menurut pengetahuan saya (dengan modal bahasa Inggris yang bisa ditertawakan), istilah “seven call area” berarti NCS nusantara net memanggil tujuh call area. Sama saja saat ada orang bertanya kepada seorang ulama kondang yang poligami, “How many wifes that you have?” Maka sang ulama akan menjawab, “I have two wifes, currently”. Dan akan sama situasinya jika kita tanya ke NCS begini, “How many call areas that you want to call”. Maka NCS akan jawab, “I want to call seven call areas”. Tapi jika yang dimaksud adalah NCS memanggil call area tujuh (Kalimantan), bukankah yang lebih baik kalo NCS nusantara net menyebutnya dengan “memanggil rekan-rekan dari call area seven untuk check in”. Bagi saya berbeda artinya lo kita menyebut “seven call areas” dengan “call area seven”.

Ah tapi mungkin saya yang bodo ya? Ada yang bisa kasih jawaban ke saya?


Responses

  1. he…he.. betul baru ngeuh
    rupanya dah kebiasaan demikian kali

    Selamat Iedul Fitri 1Syawal 1429H
    mohon maaf lahir bathin Om Subhan de YB3TD

    tnx,73
    de yd1cby

  2. wah kehormatan nih dikunjungi sibiway. ngga berani komentar panjang lebar deh Kang, takutnya memang basa londo saya yang malu-maluin. makasih sudah mampir.
    Minal Aidzin Wal Faidzin. salam utk keluarga. “mulai dari nol” lagi ya Pak.

  3. Halo Mas Rivai apa betul ini Rivai Permah di Cilacap? salam sejahtera sja selamat bertugas sebagai Pejabat ORARI Nusantara Net.minalaidin walaizin mohon maaf lahir batin.trim Dari RM.DJEKI YD2GXZ .OPERATOR GPSMAP SOUNDING SURVEY KEDALAMAN LAUT ALUR KAPAL BATU BARA PLTU CILACAP .

  4. waduh mas Jeki. iya bener saya yang dulu YB2MTA. priwe kabare Cilacap? esih asin ora segarane? nek di sini, 576 sepi nyenyep kaya kuburan.

    makasih sudah mampir. sering-sering saja dilongok ya. salam buat co-konco di situ.

  5. Salam seorganisasi ORARI dan selamat bertugas untuk ORARI Nusantara Net.mengucapkan hari Raya idul fitri minalaidin walwaizin mohon maaf lahir batin 1429 H. Trim dari RM.DJEKI YD2GXZ.OPERATOR GPSMAP SOUNDING SURVEY KEDALAMAN LAUT ALUR KAPAL BATU BARA PLTU CILACAP

  6. wah wah wah… pangling Mas Rivai sekarang nampak kumis dan jampangnya kelihatan kaya orang timur tengah, oh iyah nanti tak sampekan sama rekan2 Di 576 ? betul sepi kaya kuburan .dan untuk lautnya masi asin ,yah udah Trim Mas Rivai sampe jumpa lagi 73 RM.DJEKI YD2GXZ CILACAP .

  7. dikasih kumis dan jampang biar keliatan kayak Syech Pudji, mas. he he he

  8. Mat Jumpa lagi MAS RIVAI…. nglongok ? saya kira jampangnya sudah panjang dan pake jubah…kok aku tengok masih tetap ? yah doakan saja biar kaya Syech Pudji dan drajatnya dar riskinya dan istrinya dan duitnya taker BANK.oke trim 73 Sampe jumpa

  9. Oh iyah salamnya udah saya sampekan pd rekan2 Cilacap, salam kebali katanya , kalo Pak Wit Malah baca Sendiri langsung, dan tak suruh pake GATEWAY Kalo ingin ketemu. trimakasih .

  10. salam kompax ya bwat YC2NPO p.Paino. lamo nda basuo. kapan-kapan jumpa lagi.

  11. lam kenak deh………

  12. kayak acara tv aja, kenak deh. ya makasih sudah mampir. sering-sering dolan sini ya.

  13. Di Amateur Radio eh .. Radio Amatir ??? Ada fallacies juga. Bisa diusulkan ke “KELIRUMONOLOGI” nya Jaya Suprana.

  14. Cak Andang,makasih sdh mampir. ya kita tunggu saja apa ada yang berniat ngurus ke mBanyumanik situ. gimana mas, mainan barunya, apa sudah “teruji” dan “terbukti” ?

  15. Nampaknya perlu kalibarasi ulang… atau perlu alat semacam Automatic Tunner biar matching dan resonansi. sehingga didapatkan DB dan Gain yang maksimal mungkin begitu ya…he..he.

  16. 100 % YB3TD yang benar, salam kenal ya bos

    • ah saya yang pasti salah, soalnya ilmu boso londo pas-pasan cuma modal nekad aja bikin posting begituan. salam kenal juga ya Cak, makasih sudah mampir.

  17. mampir ke 14516 mhz lokal cikampek.ditunggu….

    • waduh ngga pernah jalan darat kalo ke barat, cak Joko. kalo dari pondok bambu – cikampek, kedenger ngga ya? soalnya kalo ke jakarta, saya selalu mampir ke YDØNGA di pd. bambu. makasih sudah mampir di sini.

  18. nggak jauh mas jalan kaki kurang lebih 90 kilo.aja leren sedino sawengi tekan.

    • lah ngga jalan kaki ngga boleh brenti? yaaa dengkul kita bisa theol dong cak. he he he.

  19. Yth. Pak Rivai dan rekan2,
    Thread masalah call area ini sudah lama yah, tapi saya baru nemu blog Pak Rivai nih, baru baca.
    Kalo boleh ikutan nimbrung, menurut saya yg juga boso londonya terbatas, MUNGKIN NCS itu gak salah, kalo yang diucapkan itu maksudnya “seventh” atau 7th call area.
    Tapi kalo 7 call area ya saya setuju kalo itu artinya 7 call area.= ada sejumlah 7 call area.
    Kalo NCS memanggil “seventh call area” yg bunyinya hampir sama dgn “seven call area” – tentu yg dimaksud memanggil rekan2 dari call area 7.
    CMIIW dan salam selamat menyambut Tahun Baru 2012 semoga semakin sukses.
    73 de yc0qr

    • kalo call area 7 dan 8 saya setuju memang mirip, p.Hendro. tapi dari sisi niat, itu jelas salah (menurut saya yang boso londonya jeblok). dan bagaimana dengan call area lain yang sama sekali tidak mirip? hehehe.

      makasih sudah mampir di blog saya yang tidak jelas ini, p.Hendro. salam utk keluarga. ini masih “vacation mode” di kotanya YB2ECG (tapi ngga ada janjian ketemu). salam utk keluarga.


Leave a Reply

Categories

