Posted by: Rivai | October 17, 2008

Worked All Continents (WAC) – Award Tertua Dari IARU

WAC baru

WAC baru

Iseng-iseng browsing ke web IARU (http://iaru.org) untuk cari update, nyantol di subfolder tentang WAC. Worked All Continents adalah award yang diyakini award ham radio tertua, sudah dikeluarkan sebelum ada award-award lain. Bahkan mendahului the most popular ham radio award, ARRL DXCC.

WAC saya perhatikan mengalami perubahan. Pertama bahwa design lembaran award sudah berubah. Yang saya terima kemungkinan versi kedua dengan dominasi warna biru. Tapi yang sekarang beredar adalah dominan warna hijau. Kedua adalah tata cara pengajuan atau klaim. Saat saya dulu klaim WAC, saya harus melakukan verifikasi qsl card ke orari pusat. Lalu verified qsl card copies itu saya kirimkan bersama aplikasinya (dan award fee 7$) ke ARRL HQ di newington, CT. Beberapa minggu kemudian, saya terima WAC award bertanda tangan sekjend IARU, K1ZZ, David Sumner. Tapi yang sekarang diberlakukan adalah pengajuan klaim award WAC cukup sampai ke orari pusat.

Dengan penyederhanaan prosedur ini akan membuat award WAC menjadi lebih terjangkau biayanya oleh amatir radio Indonesia. Saya tidak tahu apakah penyederhanaan ini juga berarti WAC akan ditandatangani oleh orari pusat.

WAC Lama

WAC Lama

Mengingat bahwa sebentar lagi akan ada kontes paling ramai yaitu CQWW ssb dan CQWW cw (bulan depan) yang akan mempermudah pengumpulan syarat qso dengan 6 benua, maka inilah saat yang baik bagi anda yang belum memiliki WAC untuk bersiap mengumpulkan qso. Tinggal dilanjutkan dengan mengirim qsl card ke ybs. Berlaku untuk semua tingkatan (kecuali PEMULA ya).

Selamat mengejar WAC.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: