Posted by: Rivai | October 29, 2008

Google.com vs Google.co.id

Apa sih bedanya google.com dan google.co.id ? Berikut hasil kesimpulan saya sendiri setelah mengalami perjalanan pencerahan mengenai mbah google ini. Kebanyakan adalah dugaan-dugaan, jadi rasanya ngga bisa dipercaya ya.

Google.com mendasarkan pencarian pada artikel-artikel yang mayoritas kata-katanya menggunakan bahasa inggris. Sedangkan google.co.id mendasarkan pencarian pada artikel-artikel yang mayoritas postingnya menggunakan Bahasa. Ini juga berarti berlaku di google lokal – google lokal yang lain.

Kondisi ini yang menyebabkan hasil pencarian berbeda apabila search melalui google.com dan google.co.id. Sedangkan faktor urutan lebih banyak ditentukan oleh page rank yang kita punya. Apabila bahasa cocok dan page rank bagus, pasti ada di urutan pertama SERP (search engine result page). Posting anda akan ditandingkan dengan posting lain yang menggunakan bahasa yang sama.

Jadi kalo anda punya target readers yang spesifik dari etnik tertentu, akan sangat membantu SERP kalo anda sesuaikan bahasanya untuk memenangkan “perang” . Bisa memenangkan perang di search engine sudah jadi modal untuk memenangkan perang marketing, tinggal anda lanjutkan tahap perang berikutnya.

Selamat berperang.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: