Posted by: Rivai | October 24, 2009

N1MM Jebulnya Ada DX Cluster

Artikel ini saya terjemahkan dari artikel asli bikinan saya sendiri yang ada di blog saya yb3td.com . Tapi karena bahasanya di sana pake bahasa inggris bikin saya ngga yakin apakah akan bisa ditemukan mesin pencari google via server Indonesia. Jadi saya terjemahkan disini dengan gaya bebas aja.

Seperti yang anda tahu, DX Cluster adalah salah satu feature yang menjadi semakin penting di dunia radio amatir karena mampu menyajikan informasi secara real time mengenai aktifitas sebuah stasiun radio amatir di seluruh dunia (asal ada yang menuliskannya di DX cluster). Sehingga ketika kita sedang mengincar stasiun dari entity tertentu, maka dengan mengamati di dx cluster akan kita temukan informasinya di sana. Ngga perlu repot-repot scanning seluruh band HF radio amatir. Sekali lagi dengan catatan ada seseorang yang menuliskannya di dx cluster.

Konco saya YB2ECG menuliskan di salah satu artikel blog nya bahwa dengan menggunakan logging software MixW ada disediakan feature koneksi dengan dx cluster. Membaca artikel itu membuat saya berpikir pastilah N1MM juga menyediakan feature dx cluster tersebut. Dan ternyata benar, memang disediakan dan kita tinggal pakai.

Bagi anda yang ham radio contester, N1MM pasti sudah tidak asing lagi kegunaannya. Yaitu sebagai software logging contest gratis yang didukung oleh banyak ham radio internasional sehingga selalu update dan bebas software bug. Bagi anda yang belum punya, silahkan download di n1mm.com temtu. Anda install dulu full version nya, baru anda install lagi update version nya. Jangan lupa juga untuk download country file.

Setting dx cluster N1MM sangat mudah. Anda klik aja menu Window di atas. Lalu pilih Packet/Telnet. Lalu anda pilih tab Telnet. Kemudian di kotak kanan atas, anda pilih salah satu server telnet yang ada di sana. Misal saya ambil contoh saya pilih AA2MF (jangan pilih yang AB5K, kayaknya kok angot-angotan tuh servernya). Kemudian anda ketik call sign anda sendiri di kotak putih sebelahnya lalu ENTER. Atau bisa juga anda klik tombol di kanan bawah yang bertuliskan call sign anda sendiri. Udah itu aja.

Selanjutnya server akan memberikan respon balik berupa pertanyaan-pertanyaan nama anda, nama kota. Ini akan ditanyakan saat anda pertama kali menggunakan dx cluster. Dan karena masing-masing server ini terhubung satu sama lain, data diri anda akan di broadcast ke semua server. Jadi jangan kaget kalo anda pilih server lain akan disambut dengan “Hello Riv” karena mereka sudah punya data anda. Data yang optional minta dimasukkan adalah koordinat anda atau bisa juga grid locator anda. Tapi ini hanya optional saja. Kalo anda tidak masukkan ya ngga papa. Tapi kalo anda lengkapi, maka di tiap posting cluster dari anda, akan selalu muncul kode grid locator anda di baris paling kanan.

That’s it. Anda tinggal pake. Bisa hanya memonitor saja atau bisa berpartisipasi aktif mengirimkan info dx station yang anda bisa dengar. Dan satu hal lagi yang harus disampaikan, gunakan dx cluster ini secara benar. DX cluster adalah hal serius, bukan mainan. Terpaksa saya kasih warning begini karena saya perhatikan banyak radio amatir Indonesia yang katrok. Isengnya ngawur banget bahkan cenderung gendeng.

Selamat menggunakan. Semoga bermanfaat dalam mengumpulkan DX score anda. Dan selamat menempuh CQWW contest 2009 hari ini. Pasti menyenangkan. Dan asal anda bisa ngatur QSO, anda pasti dapat piagam dari CQWW.


Responses

  1. he he…selamat menempuh CQ WW? Emang mau nikah? He he…
    Great, setuju….Untuk N1MM lebih mudah dan informatif perihal dx-cluster.
    Setelah terkoneksi ke cluster, aktifkan window-available multiplier, klik kanan pada band yang aktif akan tampak informasi dx-cluster secara spesifik, apabila dilengkapi dengan CAT, saat klik di entity tersebut otomatis band frekuensi akan berubah dan entity di entry window terisi DX-station hasil spot di cluster…..

    sedikit comment dari ajang CQ WW Phone 2009@YE2R

  2. la piye to cah iki. jare dadi operator YE2R, malah nduk kene. ironinya, blog YE2R malah rak di update. hahaha.

    tks for sharing bro.

    • He he … biar pembaca yakin kalau yang Anda posting bener dibuktikan langsung dari even CQ WW oleh team YE2R…..đŸ™‚

      • hasilnya YE2R piye boss? apa ada kans utk jadi juara dunia M2?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: