Posted by: Rivai | December 4, 2009

CQWW CW 2009 Result – Inverted “V” ku Yang Sakti

Wah surprise bener ikutan CQWW CW 2009. Surprise karena hanya dengan antenna murah, gampang dan sederhana alias antenna si miskin kok ya mendapat bbrp negara yang letaknya amat-amat sangat jauh dari Gresik, yaitu negara-negara di Karibia dan sekitarnya. Kalo anda mengerti tentang Great Circle Map, anda akan tahu betapa jauhnya Karibia itu dari Gresik. Mereka terletak di ujung dunia. Jadi sungguh amat jauh. Padahal saya cuma pake inverted “V” kawat kutang NYA 1,5mm.

Set up station YB3TD pada CQWW CW 2009 adalah sbb:

  • Radio : Alinco DX70 (dapet minjem YB1YG)
  • Power: 100 watt (kayaknya cuma 90 watt. mulai ngaco power meter saya)
  • Antenna: Inverted “V” monoband 40m.
  • Ketinggian feed point : 8m AGL (approx 18m ASL)
  • Coax: RG58 (yang pake grenjeng aluminium utk shield tambahannya). 19 mtr long.
  • Posisi rumah: 3 km dari rumah sdh air laut selat Madura, North direction.

Kurang kere gimana coba. Tapi booooo, dapetnya banyak Karibia. Saya memang sudah incar Karibia group saat greyline propagation. Jadi jam 16 tuh saya udah nongkrongin radio, baik hari pertama maupun hari kedua. Dan ternyata berhasil. Sesekali buka warung berharap stasiun NA (North Amrik) mau ngisi log saya, ternyata sangat sedikit. Maka scanning di monoband 40m jadi lebih sering dilakukan. Kejutan pertama datang. Ada stasiun sedang call CQ, buka warung tapi lon ada yang mampir. YW4D. Kaget karena signal nya guwede sampe S7. Sekali panggil dgn 25 wpm, langsung dimasukkin log ame die orang. Hahaha kaget deh saya. Signal nya lokal banget! Scanning berlanjut. Terdengar stasiun 8P, ZF dan P43. Tapi mereka lagi “digilir”. Jadi ngga ada kesempatan sama sekali utk stasiun miskin YB3TD. Signal mereka sangat kuat. Meski hanya “sedikit di atas noise level”, namun tone morse mereka di dengar di Gresik sangat jelas. Sampa hari kedua, ngga berhasil saya bukukan mereka di log. Karena ya itu tadi, mereka sedang “digilir”. Andaikan sepi, saya yakin 1x ketuk udah dapet. Lalu ada stasiun lain yang agak sepi antriannya, YS4U. Lumayan kenceng sekitar 35 wpm karena antrian juga panjang. Memanggil berkali-kali akhirnya YS4U berhasil ada di dalam log saya. Greyline propagation kemudian menghilang. Sisa waktu sebelum tidur diisi dengan menambah log dari AS timur, AS selatan, EU dan bbrp stasiun OC yang dekat.

Hari kedua kontes, saya udah nongkrong di command center room (kemaki) jam 1630 WIB. Dimulai dengan coba-coba buka warung. Dapet dikit dengan stasiun yang ngga jauh jaraknya (JA, VK, BV dan beberapa NA west coast). Begitu masuk saat greyline propagation lagi, mulai lagi mencoba mencari kejutan di magic moments. Ternyata betul. Satu stasiun PJ4A sedang diantri. Asyiknya, PJ4A terdengar kuat tone nya, yang ngantri malah kriwis-kriwis. Ah ini saya pasti dapat. Beberapa kali mencoba, Alhamdulillah berhasil masuk log. Bukan new zone, tapi new country multiplier. Makin malam, tiba-tiba mendengar HC8GR, Galapagos island,  sedang buka warung dengan signal kuat. Cukup sekali ketuk, sudah bisa dicopy mereka. Setelah bertukar CQ zone, diakhiri dengan ucapan terima kasih. Scanning masih berlanjut. Log bertambah diisi stasiun-stasiun yang relatif dekat. Stasiun dari EU mulai terdengar dan semakin merepotkan karena menambah penghuni segmen CW di 40m semakin padat (diperparah oleh orang-orang  dari call area 7 dan 8 yang menghuni segmen CW utk QSO dgn mode SSB). Beberapa stasiun EU mampir ke warung saya dan kami bertukar CQ zone. Kejutan datang saat satu stasiun XE mampir dan mengajak bertukar zone. Temtu dengan senang hati saya amini. Scanning kembali terjadi. Dan berhasil mendapat satu stasiun jauh dari Brazil ZY7C. Dan kejutan terakhir saat scanning yaitu tiba-tiba mendengar C91LW sedang mulai tata-tata warung. Tak satronin aja, langsung dia kasih CQ zone.

Total QSO yang saya dapat adalah 128 dan total score 24 ribu lebih dikit. Wuih seneng lah. Pake antena murah meriah tapi bisa sampe ke tepi-tepi dunia. Puaaasssss banget.

Jadi, jangan sepelekan antenna inverted V anda. Bersiap-siaplah menerima kejutan darinya.


Responses

  1. PF Om Rivai,
    semoga dapat menggugah semangat rekan2 yang lain untuk ikut dx contest. Salam buat anda dan keluarga, semoga sehat selalu.

    73 de Harry YB2UTX

    • betul, p.Hari. apalagi inverted V kan dikenal antenna murah-meriah. ternyata kalo digendong greyline propagation tetep bisa sampek mana-mana. enak to.

      makasih sudah mampir blog reyot ini, p.Hari.

  2. ‘kere-kere’…………..ha ha…gl pal!

    • good luck piye, score nya kalah sama YB2UTX kok. ntar deh menit-menit terakhir tak ubah jadi assisted. hehehe

  3. Kalo aku pernyataannya menjadi begini.. Pake Inverted V aja bisa mlipir sampai ujung dunia apalagi kalo Hidaka-nya udah nempel di tower tuh… Ha ha ha ha.. pokok-e jangan gara2 Inverted V, Hidaka jadi batal naik tower ya.. Pertanyaannya adalah : Apakah tower-nya sudah ada? Ha ha ha ha ha…. Kalau belum, boleh numpang kok mumpung lagi dianjurkan program Tower Bersama.. Piye? Jangan alasan lagi kabelnya udah terlanjur dikirim lho ya.. Ha ha ha ha…

    • bersyukurlah kamu kepadaNya, wahai YD0NGA. karena enggane umah kita perek, wis tek bedhul ya towermu. tek silih barang sementahun. jhahaha.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: