Posted by: Rivai | November 15, 2011

Kupang – Makanan Khas Surabaya

Maaf banget posting kali ini OOT dari ham radio. Soalnya penasaran abis soal makanan khas Surabaya bernama kupang ini. Saya ngga ngerti persis apakah ini makanan khas Surabaya atau makanan khas Sidoarjo. Soalnya di kedua kota dempet ini ada banyak tempat penjaja kupang lontong. Di Gresik juga ada tapi ngga seheboh di kedua kota itu. Jadi maaf (lagi) kalo salah sebut makanan khas kota yang mana.

Makan kupang lontong selalu wajib didampingi dengan minum air kelapa muda. Karena setelah makan kupang lontong, penikmat akan diserang rasa pusing (lebih tepatnya agak nggliyeng-nggliyeng gitu deh). Obatnya ya itu dikasih minum air kelapa muda. Menurut si penjual, hal itu disebabkan oleh kandungan kolesterol yang amat tinggi di daging kupang. Pada awalnya, saya pikir lebih karena kupang sudah terkontaminasi dengan makanan umpan untuk menangkap kupang itu. Ini menurut cerita katanya-katanya, kupang dibujuk untuk naik ke permukaan dgn cara seser penangkapnya di tepi-tepinya dileleti dgn human feces. Hiiiiiii jijai lah ji. Katanya-katanya. Wong saya sendiri yo belum pernah ke Kenjeran sono. Jadi entahlah apa bener apa engga.

Pada suatu hari, saya nonton tv acara Sunnah Rasul yang dibawakan oleh mas Suparno Putro. Pas kebetulan membahas soal kupang. Menampilkan dosen dari Surabaya yang memang mendalami soal kupang ini. Jadi ngerti juga bahwa kupang sebenernya cuma nama lokal untuk kerang-kerang jenis kecil. Pokoknya kalo kerang kecil yang didapat di pasir-pasir tepi pantai Kenjeran ke selatan itu dinama kupang. Ada jenis kupang renteng, ada juga kupang individual. Kalo di Semarang juga banyak pemakan kerang pantai gini, cuma namanya masih tetep kerang. Dan dibahas pula soal kandungan kolesterol yang katanya sangat tinggi ternyata justru kupang kandungan kolesterolnya amat rendah.

Lalu kenapa kok penikmat kupang jadi pusing setelah makan? Rupanya hal ini disebabkan oleh ciri khas kerang pantai adalah merupakan indikator pencemaran lingkungan. Jadi di dalam kupang-kupang kadang terkandung zat-zat berbahaya bagi tubuh jika si kupang itu berasal dari lingkungan yang sudah terkontaminasi zat berbahaya. Residunya itu yang masuk ke tubuh penikmat. Untuk mengeluarkannya salah satunya dgn cara minum air kelapa muda itu. Sehingga ada kemungkinan kalo kupang nya ditangkap di perairan yang sehat, maka penikmat tidak akan pusing lagi.

Saya sendiri makan kupang lontong baru sekali tahun 2002 saat ada munassus-Pandaan. Dibayari oleh YB2BY (seperti biasanya begitu), kami makan di pinggir jalan antara Pandaan – Gempol.  Dan ngga kepengin lagi. Cukup sekali, hehehe.


Responses

  1. waw.. menarik reviewnya..

    barusan saya mkn kupang sambil googling..

    kupang bumbunya termasuk stronggg… bawang putih + petisnya kuat bgt…

    kira kira bisa dibudidayakan gak ya.. sy suka bgt soalnya B-) biar bs bikin kupang yg sehat.. huhu

    • rasanya sih bisa aja membudidayakan kupang. tapi selama masih mudah dicari di banyak tempat sih mungkin belum menguntungkan harga nya. sebenernya enak juga rasanya. tapi akibat pusing itu saya ngga pernah makan kupang. cukup sekali saja hehehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: