Posted by: Rivai | December 11, 2011

Pengaruh DNS Untuk Meningkatkan Kecepatan Internet

Setelah ngerti masalahnya, rasanya jengkel juga ya dengan komitmen ISP Indonesia untuk memberikan pelayanan internet kecepatan tinggi. Entah memang disengaja, atau memang kualitas SDM yang bekerja di ISP Indonesia yang pas-pasan. Ternyata hanya dengan mengubah IP DNS bisa lebih meningkatkan kecepatan internet yang kita pake. Saya sendiri sampe bisa merasakan menyendalnya kecepatan akses internet di rumah.

Bermula dari kasus blog istri akupastibisa.com yang tidak bisa diakses sewaktu saya menggunakan XL Unlimited, Smartfren Unlimited dan volume serta internet AHA. Tetapi bisa diakses normal dengan menggunakan jaringan telkom speedy dan dari blegberi nya istri. Tetapi di saat yang sama, saya bisa mengakses web-web besar lain. Lucunya web KTB.co.id juga ngga bisa diakses. Hal ini saya ketahui saat browsing untuk mencari pilihan mobil Pajero Sport.

Sampe saya mikir apa ya jotha’an antara pedagang besar internet glondongan antara group telkom dan non telkom. Saya sempet isi form Contact Us di web SmartFren untuk mencari tau. Hampir seminggu baru direspon dan bukan jawaban langsung atas pertanyaan saya. Hehehe

Selidik sana-sini dan browsing sana-sini menemukan akar permasalahan yaitu DNS server ISP yang saya pake.  Saya pake auto detect untuk pilihan Obtain DNS IP. Jadi entah disambung ke DNS server yang mana oleh ISP itu sehingga selalu muncul “Server Not Found” error.

Setelah secara manual saya ganti DNS nya dengan IP dari OpenDNS 208.67.222.222 dan 208.67.220.220 pri/alt , weeehhh langsung nyendal koneksinya. Dan yang paling penting adalah blog istri saya kembali bisa diakses secara normal. Ternyata mudah saja untuk meningkatkan kecepatan internet saya.

Kemudian dengan software namebench (jangan khawatir, gratis gan) saya mencari alternatif DNS server, terutama yang lokal untuk mencoba siapa tahu lebih cepat. Kesimpulannya memang server DNS lokal sering menduduki peringkat satu dan dua. Tetapi setelah saya coba dua hari, server DNS lokal ternyata inkonsisten kualitasnya. Sehingga pilihan terbaik adalah server DNS dari OpenDNS 208.67.222.222 dan 208.67.220.220 atau Google DNS 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 . Saya belum sempet mencoba kombinasi kedua DNS provider itu. Mungkin bakal perfect. Karena dalam beberapa kali namebench test, OpenDNS sering lebih unggul dari Google DNS.

Sebetulnya masih ada beberapa trik lain untuk meningkatkan kecepatan internet saya, tapi yang ini aja udah krasa bedanya. Tapi sambil dicoba di komputer anda, pastikan koneksi antara modem anda dengan dongle modem anda ada di level tertinggi.  Jangan mau kalo cuma di level 115 kbps. Juga usahakan COM yang digunakan di kompyuter anda ada di root COM (antara COM1 s/d 8). Paksa aja kalo anda dikasih COM port yang lebih tinggi dari COM8. Selain itu pastikan setting dongle modem anda ada di EVDO ONLY (yang CDMA) atau WCDMA/3G ONLY utk yang GSM. Caranya gimana setting nya? Mosok gak tau seehhh ? Hehehe

Bagi anda yang udah pake internet dari telkom, ngga ada salahnya ikut mencoba ganti DNS anda. Dan kalo ada yang mau cobain speedtest, monggo aja dan saya tunggu review nya. Saya belon sempet uji speedtest karena keburu jengkel pengin bikin tulisan ini. Siapa tau hal sepele begini bisa membantu meningkatkan kecepatan internet anda.

Selamat mencoba. But Please Do With Your Own Risk.


Responses

  1. Kasus yang sama saat mencoba akses speedy via linksys WRT54GL dengan octa-tabulet. Dengan dns yang ‘normal’ si octa nggak bisa surfing internet, namun setelah dns-nya diubah ke dns-nya google jadi lancar jaya gan………
    Bentar lagi kayaknya yang di bawah kasih komentar, siapa lagi kalau nggak juragan NGA😀

    • paling optimal ternyata kombinasi openDNS dan google. 208.67.220.220 pri dan 8.8.4.4 utk alt. padahal baru pake AHA yang masih kalah buwanter lawan smartfren.

      tapi kalo pake XL memang diapa-apain tetep lemot dimari. kalo speedy, blm bisa cerita soalnya udah ngga pake.


Leave a Reply

Categories

