Posted by: Rivai | April 28, 2012

Antenna Tiba-Tiba SWR Tinggi

Ini kejadian nyata dan menarik. Sekedar sharing, siapa tahu anda pernah mengalami atau akan mengalaminya. Sehingga artikel ini bisa jadi referensi menggelikan untuk anda.

Pada suatu sore menjelang maghrib, seminggu lalu kira-kira, tiba-tiba kaget karena radio saya (yang anyar gres ini) menunjukkan tidak ada RF power output. Selidik punya selidik, ternyata proteksi SWR nya aktif karena saat diukur SWR antenna inverted saya menunjukkan angka fantastis 1 : 10 !!!. Seperti kondisi tidak ada antenna. Ada titik-titik SWR terbaik yang berada di angka 1 : 5 . Tentu saja ini kondisi yang fatal kalo dipaksakan untuk memancar. Kondisi penerimaan juga buruk. Signal masuk diterima sangat kecil. Yang membingunkan adalah ada kondisi dimana pengukuran SWR menunjukkan angka menurun. Artinya tidak ada kawat elemen yang putus. Perkiraan saya balun kemproh 1:1 saya rusak atau ada kerusakan fisik di kabel coax saya yang cuma RG-58 versi 3500 per meternya.

Karena sudah menjelang malam, mata yang sudah tua ini ngga bisa diajak untuk investigasi lebih dalam. Paling hanya sekilas pake sontor mencoba menyorot kawat-kawat eleman yang ternyata masih ada di tempatnya itu. Semua sekilas masih normal secara fisik. Diputuskan investigasi akan dilanjutkan besok menunggu matahari terbit.

yb3tdEsok harinya berlanjut investigasinya. Ternyata ditemukan fakta menyebalkan apa yang membuat antenna inverted V saya njeplak banget SWR nya. Yaitu tukang-tukang bangunan yang sedang mengerjakan rumah milik orang belakang ternyata meletakkan besi-besi tulangan beton sekaligus merakitnya persis ada di bawah antenna inverted V saya secara membujur terhadap kaki segitiga antennea inverted V saya. panjangnya ya sekitar 70% dari total kaki segitiga antenna inverted V saya yang saya design bekerja di 40m band. Ini dia nih biang keroknya. Ketemu.

Untuk membuktikan dugaan ini, bentangan antenna inverted V lalu saya ubah menjadi melintang terhadap besi-besi tulangan itu. Dan langsung SWR kembali menjadi satu berbanding uget-uget (nyender banget gan). Siapa tau anda akan ketemu masalah begini, jangan panik dan jangan bingung. Segera pasang bentangan antenna anda menjadi melintang.


Leave a Reply

Categories

