Posted by: Rivai | June 23, 2012

Review TC300 300W HF RF Amplifier

FT857DBaru dateng nih gan. Ane abis cobain impor TC300 HF RF Amplifier dari Hong Kong. Ngendon dua hari di meja, akhirnya HF RF Amplifier kinyis-kinyis dah ane coba tadi siang.

Kalo diliat bentuk fisik dan dalemannya sih ini miriiiiiip banget sama HF RF Amplifier buatan RM Italy. Tapi beda harganya jauh banget antara HF RF Amplifier buatan Italy dengan yang ini buatan Hong Kong. Kalopun dituduh ngejiplak, ya urusan Hong Kong ama Italy dah, bukan urusan ane. Hehehe

Bentuknya mungil beneran gan. Tuh di futu ane taroh di atas kesayangan ane, Yaesu FT857D. Kebayang gak ente, kalo yang ente pake HF RF Amplifier yang tabung. Mana bisa ente taro di atas Yaesu FT857 gan entu HF RF Amplifier tabungnya. Bisa pendeng dah entar Yaesunya.

TC300 Amplifier tinggi banget gain nya, gan. Mosok input 5 watt di mode CW udah bisa nendang 150 watt di outputnya. Kalo di mode SSB dikasih input 10 watt, power meter ane sampe ngejedok soalnya cuma 200 watt penunjukannya padahal katanya pabrik bisa sampe 300 watt. Sumpah ane sampe ngeri takut power supply ngga kuwat kan bisa short transistornya. Bisa mokat dah mainan ane semua.

Jadi enaknya pake TC300 HF RF Amplifier adalah radio agan ngga usah gede-gede output powernya. Kan jadi adeeeem tuh radio. Apalagi kalo radio jadul kan urusan panas jadi sensitif soalnya bisa nyoplokin timah-timah soldernya yang juga jadul. Pokoknya kalo radio adem kan enak pakeknya. Hehehe

Tapi jangan ngomongin hebatnya mulu ya gan. Ngomongin kekurangannya juga. Yang pertama dan paling nyebelin, ngga ada kaki karetnya. Ane kudu gresek-gresek dolo di gudang nyariin kaki biar bisa posisi kuda-kudaan antara TC300 HF RF Amplifier dengan kesayangan ane Yaesu FT857D. Trus juga kabel powernya pendek banget cuma dikasih setengah metong. Ane kudu nyambung dolo soalnya agak jauh emang posisinya.

TC300 HF RF Amplifier saking simpel nya, dia ngga ada filter-filter gitu di inputnya. Jadinya waktu ane coba di 7Mc, radio ane ngebaca SWR nya njeplak banget gan. Ane nyaranin dipasang tuner antara radio dan TC300 HF RF Amplifier nya. Tapi ngga pake tuner juga gapapa. Soalnya output radio kan keciiiiil banget cuma 5 watt. Reverse power nya juga pasti lebih kecil dari 5 watt gan. Jadi aman juga dari jebol. Tapi cari enaknya ya pake tuner biar mantaff.

Transisi dari RX ke TX dan sebaliknya, TC300 Amplifier pake sensor RF. Alias ngga pake kabel kontrol dari radio. Enak sih praktis. Apalagi Yaesu FT857D ngga punya dedicated Linear Control jack karena rebutan ama CAT jack. Ya udah gapapa. Tapi kadang ngga enak kalo ngga biasa. Contohnya kalo kita udah pencet PTT di mode SSB tapi kita belom ngomong, entu TC300 Amplifier belom TX posisinya. Tapi begitu kita ngomong, seketika doi loncat ke TX. Dan ada kapasitor di dalem yang ngatur delay transisi nya. Tapi benernya masih bisa kok di modif dikit kalo perlu kontrol transisinya dari radio. Jadi kalo radio TX, TC300 HF RF Amplifier langsung ngikut TX. Kalo RX langsung ngikut RX. Ane sih engga lah.

Ane dapet harga pokok 112 USD. Kalo ada yang mau pesen lewat ane, boleh deh ane bantu import. Tapi maap ya ane pasang harga jadi 160 USD aja. Udah termasuk ongkir ke tempat agan plus urusan bea masuk. Tau beres dah. Ane pake DHL express biar enak barangnya ngga dibanting-banting gan. Trus di Bea Cukai juga enak pake DHL. Tau beres. Soalnya barang-barang dari Negeri Tirai Bambu semua kudu masuk jalur merah. Tau kan jalur merah, ente kudu brenti dolo nunggu ijo kan. Jhahaha.

Pembayaran via rekening bank Mandiri ane gan. Tapi supaya ngga ada dusta di antara kita, ane saranin pembayaran via rekening bersama indobank di kaskus (rekber indobank). Caranya agan xfr dana ke indobank, ane order. Ntar kalo TC300 HF RF Amplifier dah nyampe di tangan agan, agan kasih tau ke indobank supaya release payment ke ane gan. Selama agan belom terima barangnya, jangan release dulu payment nya.

Udah ada yang pesen satu nih. Ada yang mo pesen lagi gak? Ditunggu ordernya gan.


Responses

  1. Wah sepertinya mau ikut jejak si Jokowi hijrah ke Jakarta ya? Jadi begene, ente itu.. halah.. malah belepotan.. qqqqqq… Itu sebenernya Amplifier RF apa audio sih? jhahahahaha…. Tapi ya itu kata Shakespeare (ini merk antena apa nama orang sih?) apa artinya sebuah “penampakan” bukan? Yang penting fungsinya melebihi penampakannya.. cuma ya itu heatsink-nya sepertinya tidak cukup besar untuk mendisipasi panas yang keluar maklum gainnya sangat besar… cuma sinyalnya clean nggak ya soalnya minim rangkaian filter alias mirip RF pallet yang cenderung broadband sehingga urusan filter diserahkan kemasing2 pengguna.. Tapi kayaknya nggak nolak kalo lihat price performance ratio-nya ya… murah meriah ning muanteb… Saran saya enggal beli F23 ok…. Jhahahahaha….

    • la kan aku menyasar pembeli dari kaskus, gan. jadinya gaya bahasanya kudu kaskus style laaa. sida ora ente order? nek sida, telpon ane dong gan pas siang gitu. kita order bareng. entar kalo ane maen sruduk ordernya, bisa-bisa keblusuk trus kejlungup deh. pan repot entu gan.

  2. nyobanya di band berapa om?
    oh ya pake tegangan berap volt dan narik berapa ampere pada posisi Hi ?

    • nyobain cuma di 40m om. soalnya ngga punya dummy load nih. narik arus sekitar 20A booster nya aja. itupun cuma liat ampere meter jarum di PSU soalnya ngga punya yang digital meter. hehehe. ayo … ayo …

  3. ada rencana mau ditambahin LPF gak om?
    seperti kata om nga, dan tak lihatin jeroannya kok gak ada filter sama sekali yak…?

    • kalo di input sih gak ada rencana om. karena sy sdh kasih tuner Trio AT-130. Kalo yang output tempatnya ngga ada di dalemnya. paling ya dibelikan tuner lagi. jadi ya mending dibiarin aja. hehehe

  4. pesen yg 2000 watt ada om?
    mo buat main iwak iwak nih.
    hahahaahaha

    • wah kalo 2kW langsung aja ke pak Rebo gan. hehehe

      • wuih…going to QRO nih mas bro….
        untuk full duty cycle rtty mampu nggak mas bro…
        kira-kira nyampe berapa watt ya?

      • not intending going QRO, gan. justru go to QRP radionya biar adem. ngeman radio hehehe.

        lom dicoba full duty cycle karena:
        1. ndak punya power meter yang nyampe segitu
        2. keterbatasan power supply nih

        yang jelas kalo mode ssb sih sampe njedok jarum power meternya soalnya cuma 200w max reading nya.

  5. saya punya ft817nd…kira2 apa bisa TC300 dg input 2 watt gan???….QTH saya di surabaya …thx masukannya…

    • bisa banget gan. ini 857 saya malah mo saya turunin power nya dari 5 watt ke 2,5 watt aja biar output TC300 ngga kegedean. tapi ati-ati 817 wajib pake tuner ya ke TC300 soalnya nanti 817 baca SWR nya tinggi. memang gitu karena ngga ada pengatur impedansi nya di TC300, input dan output. bisa jebol final nya 817 kalo ngga pake tuner.

  6. harus nyiapin anggaran brapa gan…thx..

    • 160$ masbro. tapi saya cuma bisa kasih jaminan unit bekerja saja. yang modif-modif nya sesuai selera aja. saya sendiri abis modif PTT nya supaya bareng radio. masih perlu modif inputnya supaya radio ngga baca swr tinggi. asal agan siap aja dgn model minimalis gini, ngga papa kalo mo beli. jangan lupa power supply siapin yang di atas 40A. mampir aja ke rumah gan kalo mo liat barangnya. kemarin abis ditengokin sama YB3BX nih.

  7. thx gan infonya…nanti tak mampir ke rumah ya..rumah agan pojokan hadap ke selatan ada inverted nya..?

    • yup gan. tanya aja ama satpam kompleks. ntar ditunjukin kok. keliatan dari pos depan. yang rumahnya paling jelek gan. hehehe. monggo ke rumah, sekalian kenalan. kita tetanggaan tapi ngga pernah ketemu. wong saya kalo Jumatan di masjid Al Ukhuwah situ kok . hehehe

  8. wuih mantep ini barang , murmer.
    pake mosfet atau bipolar gan ?

    • pake 2xMRF247 pak. dan cuma itu transistornya. input 5watt bisa 150w CW. sampe ngeri power supply takut ngga kuat.

  9. terima kasih ,kalau dari datanya MRF247 bisa sampai 175MHz .


Leave a Reply

Categories

