Posted by: Rivai | September 18, 2012

Salam Kenal Dari YE3AA

ye3aaTanggal 13 September 2012 sore, saya menerima Ijin Amatir Radio saya yang baru dengan call sign YE3AA. Alhamdulillah. Karena prosesnya hanya 3 bulan saja. Dikirim ke sekretariat orda Jatim awal Juni 2012, sudah bisa saya terima kembali tanggal 13 September.

Dengan demikian sudah resmi bahwa saya bukan lagi YB3TD, tapi panggil saya sekarang dengan YE3AA. Yang masih belum enak adalah ejaan fonetik nya. Wai i tri ei ei. Kadang masih suka salah sendiri nyebutnya.

Konsekuensinya adalah wajib membuat entry baru di qrz.com . Juga sudah create new entry di qrzcq.com . Ngga ketinggalan juga echolink dan eqsl.cc . Semua sudah ada. Tapi yang paling membuat hati bergetar adalah saat membuat klonengan ID di kaskus. Karena memang biasa pake ID itu, tapi sudah ngga berhak lagi. Sambil berurai air mata (ah, lebay) akhirnya ane pilih satu tipe transistor untuk jadi ID ane di kaskus, gan.

Satu pertanyaan menyakitkan justru datang dari sahabat sendiri via whatsapp waktu cerita soal YE3AA ini, “apa sih enaknya pake suffix AA”. Bingung jawabnya, akhirnya asal dijawab aja biar dia juga mangkel, bahwa sengaja memilih suffix AA sekedar menghambur-hamburkan harta aja. Jhahaha. Eh, maap itu guyonan iseng aja lho. Tidak bermaksud seperti itu. Kami kalo dah guyon memang sering melewati batas. Dan saya kan memang senang bercanda.

Penggunaan pertama call sign YE3AA pagi-pagi waktu YB1TC/3 minta report. Lalu sore harinya dengan sahabat-sahabat dari Cilacap city, YC2DQR dan YC2BSS yang langsung mengenali YE3AA adalah Ipang dari logat Cilacapnya yang ngga bisa hilang. Asem ngga bisa ngerjain mas Tri. Lalu Sabtu kemarin dipake ikutan Scandinavian Activity Contest mode CW. Dari SAC contest inilah baru ketahuan bahwa ketukan huruf E di antara ketukan panjang huruf Y dan angka 3 bisa membuat penerima seperti mati angin sehingga bisa tergagap dan minta ketuk ulang. Jadi rupanya huruf E kurang panjang ketukannya. Masalahnya kalo diketuk panjang jadi T ya. Hehehe. Yo wis gapapa.

Mengenang history call sign saya dari awal, rupanya saya memang belum pernah memperpanjang call sign. Diawali dari IAR kuning YD2MTA tahun 1999 yang kemudian menerima IAR merah YC2MTA tahun 2001 dan IAR biru YB2MTA tahun 2002. Lalu berganti menjadi YB3TD tahun 2007. Dan mengganti call sign lagi 2012 menjadi YE3AA.  Rasanya sih 5 tahun lagi sudah ngga perlu ganti call sign lagi ya. Tapi saya rasa lebih baik begitu daripada megang IAR kuning terus sejak 2004 sampe sekarang ngga ganti warna. Jhahaha.

Mengakhiri posting ini, ijinkan saya mengucapkan salam kenal dari YE3AA kepada pembaca blog ini. Dan mohon lain kali ngga usah kemari ya, soalnya blog ini memang ngga ada ilmunya. Sekedar iseng aja menuliskan sesuatu. Anda tidak akan mendapat manfaat apa-apa dengan berkunjung ke mari. Saya sarankan anda mengunjungi blog yb2ecg.wordpress.com yang sarat dengan pernak-pernik ilmu soal ham radio.


Responses

  1. ha ha….dibikin posting juga nih….
    congrate mas bro, ndherek bingah…..bentar lagi jadi kandidat ketua ORDA Jatim, ha ha…..
    Ah, saya masih setia dengan suffix-ECG, biar dikira ahli jantung; walau ada pengalaman buruk dengan sertifikat WAE tempo hari saat YC2ECG.
    Bikin groups dong suffix-AA : bisa kumpul dengan pak Manila, Uwak Maman, pak Tim…..ha ha…..

    Ah, baris terakhir postingan jangan diperhatikan ya saudara-saudara.

    • apalagi kalau ham-shack-nya pakai serba Alpha : antena dari Alpha delta, amplifier juga dari Alpha……atau kalau bisa kumpulin dong group Alpha-Alpha terus bikin contest atau special award….😀

      eh, kayaknya ECG stil the best lah…ha ha…nggak tahu kalau NGA ha ha….

    • by the way….. kok bisa cepet bener proses-nya 3 bulan, saya baca di milis kok perpanjangan IAR & KTA bisa lebih dari 6 bulan bahkan ada yang sampai berulangtahun….. apa karena bayarnya beda ya mas bro? xi xi……

      • mungkin juga. jhahaha. tau ah, gelap. ayok selebrasi. tak tunggu di tunjungan plaza ya malem minggu. NGA tulung dijak sisan.

    • ide bagus tuh bikin The Alpha-Alpha Club. tapi tidak tertarik bergabung, soalnya mbok nanti dikira sepantaran umur dengan beliau-beliau jhahaha.
      ya gapapa masih setia dengan call sign YB2ECG nya. apakah anda masih akan setia begitu kalo misalnya anda nanti tinggal di Jatim gan. jhahaha
      baris terakhir tetep itu saran bagus dari saya, mohon tetep jadi perhatian.

  2. Jujur aku iri bin dengki cak… peyan ngurus IAR mari 3 bulan. IAR-ku dah habis dari Feb 2011. Ngurus-ngurus-ngurus baru kemarin sore 24 Sep 2012 di sms kalo IAR nya selesai dan bisa diambil… gak ngerti itu kalo dihitung jumlah harinya… hehehehe…Btw, sufik 2 huruf berapa ikat disitu? aku nanya disini harganya 5 ikat… kalo murah pindah area wae..numpang di ngGresik tempate om ipang….

    • jhahaha, ngga usah iri bin dengki gitu masbro. ntar cepet toewah. moga-moga sih beneran lancar ngurus IAR. barengan ama ane punya ada 500 IAR selesai proses tuh.
      biayanya ane kena tarif resmi yang ada di SK Ketum, gan. makanya pindah ke YB3 aja sinih. lebih murah. dan resmi. hehehe.

  3. wah panggilan baru lagi … selamat ya om

    • hehehe ada mastah YB1KAR neh. terinspirasi dari mastah Arief dulu waktu lewat rumah beliau dalam rangka ngubek-ubek grand wisata nyari kontrakan hehehe.

      makasih sudah mampir di sini, mastah.

  4. Cak Rivai…….Wai i Tri Ei Ei

    nek ngirim langsung email ngguk sampeyan, address se yoopo cak
    salam kenal
    de yd1bpw

    • waduh ngapunten baru liat. kok komeng panjenengan isok nyasar ndek sepam rek. tadi baru ketahuan setelah saya cek sepam inbox nya.

      monggo ke email yb2mta at gmail.com . mo bikin yang ye3aa ngga boleh sama gmail jadi pake yang lama ajah. hehehe


Leave a Reply

Categories

